Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Seni

Tidak ada seorang pun yang tahu pasti kapan seni pertama kali dikenal manusia. Namun, jika kita mempelajari jejak-jejak peninggalan manusia di masa lampau, dapat kita peroleh gambaran, bahwa seni tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkembangan manusia. Hal tersebut karena seni adalah salah satu hasil kebudayaan, dan manusia adalah pencipta dan penikmat kebudayaan itu sendiri.

Kebudayaan adalah hasil pemikiran, aktivitas, dan segala hasil karya di luar perbuatan-perbuatan yang merefleksikan naluri secara murni.

pengertian seni, pembuatan gerabah, gerabah 

Sepanjang sejarah, manusia tak dapat lepas dari seni. Karena seni adalah salah satu kebudayaan yang mengandung nilai indah (estetis). Sedangkan setiap manusia menyukai keindahan. Seni selalu mengandung ide-ide yang dinyatakan dalam aktivitas atau rupa sebagai lambang.

Melalui seni, seseorang dapat memperoleh kenikmatan sebagai akibat refleksi perasaan terhadap stimulus yang diterimanya. Kenikmatan seni bukanlah kenikmatan fisik lahiriah, melainkan kenikmatan batiniah.

Karena kompleksitas dan kedalamannya, maka orang berusaha membuat batasan-batasan mengenai seni. Usaha ini dimaksudkan untuk mempermudah orang untuk memahami dan menilai seni.

Berdasarkan Ensiklopedia Indonesia, seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahan bentuknya orang senang melihat atau mendengarnya.

Menurut Everyman Encyclopedia, seni adalah sesuatu yang dilakukan orang, dan bukan merupakan kebutuhan pokok, melainkan segala sesuatu yang dilakukan karena kemewahan, kenikmatan, maupun kebutuhan spiritual.

Sedangkan menurut Aristoteles, seni merupakan peniruan bentuk alam. namun tidak sekadar itu, pencipta harus menyertakan idenya untuk menambah keindahan seni melebihi alam nyatanya.

Selain itu, menurut Ki Hajar Dewantara, seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia.

Manusia selalu berusaha mengembangkan seni, baik kualitas maupun kuantitasnya. Kualitas seni sangat ditentukan oleh perkembangan masyarakat pendukungnya. Di tengah masyarakat yang berwawasan luas, akan muncul karya-karya seni yang bermutu tinggi.

- Referensi -

Rasjoyo. 1994. Pendidikan Seni Rupa. Jakarta: Erlangga.
Japri Undangan dan Percetakan
Japri Undangan dan Percetakan Percetakan dan Undangan

Post a Comment for "Pengertian Seni"